Soal Ujian UT PGSD


Soal Ujian UT PGSD


Dengan mendownload File ini, Anda akan mendapatkan contoh - contoh soal UT Jurusan PGSD dari seluruh mata pelajaran, seperti :
- Konsep Dasar IPS
- Pembelajaran PKN di SD
- Pembelajaran Matematika SD
- Bahasa Inggris Untuk Guru SD
- Perkembangan Peserta Didik
- Hak Asasi Manusia / HAM
- dll
Klik dan download soal anda dibawah ini, dan nikmati sepuasnya.

Soal - soal PGSD


(Jika anda mengalami kendala, coba copy paste link dibawah ini dibrowser yang baru)
http://www.ziddu.com/download/19091067/PGSD.rar.html
(Jika anda mengalami kendala saat mendownload, jangan putus asa. coba lagi sampai bisa. kalau benar - benar tidak bisa lagi didownload setelah dicoba berkali - kali, konfirmasikan kepada kami lewat nomor contact kami dibawah)


Ini adalah salah satu contoh soal PGSD, mata pelajaran "Manajemen Berbasis Sekolah"


NAMA M.K. : MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
KODE M.K. : PGSD4408
KODE NASKAH : 01

PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI DENGAN 50, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah memberikan kewenangan kepada ....
A. murid-murid untuk mengembangkan kemampuannya masing-masing
B. guru-guru agar secara bebas dalam menggunakan waktu pembelajaran
C. kepala sekolah dalam membuat peraturan sekolah
D. sekolah untuk melakukan perbaikan dan peningkatan berkelanjutan


2. Key person dalam pelaksanaan MBS adalah....
A. kepala sekolah
B. guru
C. murid
D. masyarakat


3. Pendekatan MBS memerlukan proses dan waktu. Salah satu aspek tersebut adalah ....
A. kemampuan sekolah dalam mengadaptasi perubahan-perubahan
B. desain organisasi yang mampu mengakomodasi dan mengembangkan program yang relevan dengan kebutuhan masyarakat
C. kebijakan pemerintah terhadap pengembangan dan pembaharuan sekolah
D. kemampuan kepala sekolah dalam membuat program sekolah


4. Tiga hal yang harus diperhatikan dalam memahami konsep MBS, kecuali ....
A. pengkajian konsep MBS yang menyangkut kekuatan desentralisasi dan kewenangan sekolah
B. penelitian tentang program MBS berkenaan dengan desentralisasi kekuasaan dan program peningkatan partisipasi
C. strategi MBS harus lebih menekankan kepada elemen manajemen partisipatif
D. kebijakan otonomi dari pemerintah terhadap sekolah


5. Yang dimaksud dewan sekolah adalah ....
A. lembaga khusus yang dibentuk berdasarkan musyawarah untuk peningkatan mutu pendidikan
B. lembaga pengembangan strategi MBS sesuai dengan visi dan misi sekolah
C. lembaga yang mempertanggungjawabkan pekerjaannya kepada kepala sekolah
D. lembaga pengelolaan dan pemanfaatan sumber-sumber daya sekolah


6. Yang tidak termasuk dalam tujuan dewan sekolah adalah ....
A. mewadahi dan meningkatkan peran serta stake holder pendidikan dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan sekolah
B. mewadahi peran serta kebijakan pemerintah daerah
C. memfasilitasi upaya peningkatan kinerja kepala sekolah, guru dan staf lainnya secara profesional
D. memfasilitasi dan mengontrol penerapan sistem manajemen sekolah


7. MBS dapat efektif diterapkan jika didukung oleh sistem ....
A. keuangan yang memadai
B. program-program sekolah yang efektif
C. pengangkatan guru-guru yang profesional
D. berbagi kekuasaan atau power antara pemerintah pusat dan daerah


8. Otonomi merupakan tindakan desentralisasi yang dilakukan oleh lembaga yang lebih tinggi ke tingkat bawah sampai tingkat sekolah. Hal tersebut dikemukakan oleh ....
A. Blair
B. Lawler
C. Mohrman
D. Gordon


9. Konsep MBS mutlak perlu dilaksanakan karena wilayah geografis Indonesia, aneka ragam sosial budaya, agama dan perkembangan politik dan ekonomi. Hal tersebut dikemukakan oleh
A. Santoso S Hamijoyo
B. M. Achan
C. M. Fakry Gaffar
D. Made Pidarta


10. MBS mempunyai multi dimensi yang mencakup aspek politik, edukatif, administrative finansial. Hal tersebut dikemukakan oleh ....
A. Illrich
B. Fiska
C. Rondnell
D. Machere


11. Penerapan MBS ditingkat pendidikan dasar di Indonesia dikelompokkan menjadi tiga
kategori, kecuali ....
A. MBS secara penuh atau tinggi
B. MBS tingkat menengah atau sedang
C. MBS secara tahapan atau langsung
D. MBS secara minimal atau rendah


12. Kemampuan sekolah dalam menyusun rencana sekolah, anggaran, dan mengelolanya serta memberdayakan masyarakat merupakan suatu ....
A. rancangan konsep MBS
B. tahapan pelaksanaan MBS
C. strategi penerapan konsep MBS
D. tujuan dari MBS


13. Membantu menjelaskan pengelolaan sekolah baik yang sedang berlangsung maupun yang
akan datang adalah merupakan ....
A. tujuan MBS
B. tujuan rencana sekolah
C. laporan sekolah
D. langkah-langkah pelaksanaan MBS


14. Kesiapan sumber daya manusia yang terkait dalam MBS serta katagori sekolah dan
daerah adalah merupakan kompo-nen dalam....
A. tujuan rencana sekolah
B. persyaratan pelaksanaan MBS
C. perencanaan sekolah
D. tujuan MBS


15. Adanya kegiatan sosialisasi, piloting dan desiminasi merupakan kegiatan dari tahapan....
A. persiapan strategi dan penerapan konsep MBS
B. pengenalan konsep MBS kepada sekolahsekolah
C. hasil kegiatan dari pelaksanaan MBS disekolah
D. persyaratan pelaksanaan MBS


16. Faktor-faktor yang terlibat pengelolaan MBS yang meliputi lingkungan eksternal, manusia,
tujuan, kebiasaan, hasil dan proses, merupakan pendapat dari ....
A. Hannaway
B. Coney
C. Patrik Whitaks
D. Gronberg


17. Pedoman pelaksanaan MBS yang mencakup kerangka nasional dan otonomi sekolah
meliputi tiga kegiatan, kecuali ....
A. rencana sekolah
B. pembiayaan
C. monitoring dan evaluasi
D. pelaksanaan kegiatan sekolah


18. Kegiatan sekolah dalam menyusun anggaran yang terdiri dari sumber-sumber dana dari
pemerintah, orang tua murid, dan masyarakat termasuk dalam rencana ....
A. sekolah
B. pembiayaan
C. monitoring
D. observasi


19. Pedoman yang terdiri dari seperangkat peraturan yang diperlukan untuk pelaksanaan
otonomi pada masing-masing unsur merupakan pedoman dari ....
A. pusat
B. sekolah
C. pemerintah setempat
D. masyarakat


20. Yang dimaksud dengan konteks dalam MBS adalah ....
A. evaluasi yang dilakukan oleh pengawas Dati II pusat
B. evaluasi yang dilakukan berdasarkan komponen
C. evaluasi berdasarkan penemuan dari pelaksanaan MBS
D. eksternalitas sekolah demand dan support


21. Bentuk model pengelolaan dalam pelaksanaan MBS di Australia ditandai dengan tiga kemungkinan yaitu, kecuali ....
A. standard flexibility option - So
B. resourse flexibility option - So
C. enhanced flexibility option - Eo1
D. enhanced flexibility option - Eo2


22. Sedangkan model pelaksanaan MBS diAmerika adalah ....
A. long life education
B. learning by doing
C. pendidikan by charter
D. school annual planning




23. Di Indonesia pelaksanaan MBS ditandai oleh....
A. otonomi penuh sekolah yang mempunyai visi dan misi yang perlu dipertahankan
B. wewenang pusat yang tetap melaksanakan pemantauan
C. sekolah secara penuh berhak menyusun rencana strategis
D. pertanggungjawaban perencanaan dan pelaksanaan sekolah


24. Perimbangan keuangan antara pusat dan daerah untuk mengatur dan menampung aspirasi masyarakat dalam melaksanakan kontrol terhadap sekolah tertuang dalam undang-undang ....
A. nomor 20 - tahun 1999 dan UU 25 - 2000
B. nomor 20 - tahun 1999 dan UU 26 - 2000
C. nomor 22 - tahun 1999 dan UU 25 - 2000
D. nomor 23 - tahun 1999 dan UU 27 - 2000


25. Yang tidak termasuk dalam faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan kinerja kepala
sekolah dalam pelaksanaan MBS yaitu ....
A. kurikulum yang flexible
B. proses belajar mengajar yang efektif
C. lingkungan sekolah dan sumber daya sekolah
D. pedoman pengawasan sekolah


26. Terdapat sepuluh tujuan kurikulum yang akan dicapai dalam jangka panjang yang dirancang
kebijaksanaan sekolah dalam MBS. Hal ini dikemukakan oleh ....
A. Glathorn
B. Kirst’s
C. Blair
D. Dubrin


27. Proses belajar mengajar efektif adalah suatu kondisi yang memberikan kesempatan
kepada siswa untuk berpikir dan berbeda pendapat. Cara belajar seperti tersebut diatas adalah menggunakan metode ....
A. Resource based learning
B. Instructional aids
C. School base manajemen
D. Learning by doing


28. Akuntabilitas adalah kondisi seseorang dinilai oleh orang lain karena kualitas performenya
dalam mencapai tujuan yang menjadi tanggung jawabnya, dikemuka-kan oleh ....
A. Blair
B. Eliot
C. Mc. Ashan
D. Glathorn


29. Fungsi akuntabilitas adalah ....
A. memberikan informasi yang selalu siap dan akurat
B. adanya peluang untuk komunikasi dalam mencapai kesepakatan
C. petugas pelaksana tidak boleh menyimpang dari kesepakatan bersama
D. memberikan kesempatan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan


30. Yang tidak termasuk dalam akuntabilitas pendidikan yang dikemukakan oleh Mc. Ashan adalah ....
A. program dan manajemen personalia yang mengarah kepada tujuan
B. manajemen yang efektif dan efisien
C. pengembangan program, personalia dan hubungan masyarakat
D. perencanaan yang disesuaikan dengan kebutuhan sekolah


31. Yang dimaksud dengan perencanaan partisipatori adalah perencanaan yang menekankan..
A. sifat lokal atau desentralisasi
B. sifat pusat atau sentralisasi
C. sifat pusat dan lokal
D. kepada pengendalian di lapangan


32. Memperjelas program yang operasional, tujuan yang spesifik merupakan ....
A. manfaat akuntabilitas
B. langkah-langkah akuntabilitas
C. tujuan akuntabilitas
D. konsep akuntabilitas


33. Yang tidak termasuk dalam prinsip-prinsip manajemen sekolah unggul adalah ....
A. adanya proses berkelanjutan dalam peningkatan mutu
B. mutu harus ditentukan oleh pengguna
C. prestasi diperoleh melalui pemahaman visi sekolah dan siswa berprestasi
D. mudah beradaptasi dengan perubahan yang ada di masyarakat


34. Sekolah yang mempunyai visi, misi dan adanya komitmen staf untuk berprestasi serta
kendali mutu dan perbaikan berkelanjutan dengan dukungan masyarakat adalah sekolah
A. swasta
B. IPTEK
C. unggul
D. modern


35. MBS menuntut adanya perubahan budaya organisasi yang diarahkan kepada pencapaian
A. tujuan
B. kuantitas
C. kualitas
D. program


36. Dalam upaya perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan berkelanjutan sebaiknya kepala sekolah memberikan wewenang kepada ....
A. guru
B. siswa
C. staf administrasi
D. masyarakat


37. Yang dimaksud dengan Total Quality Management atau TQM adalah ....
A. suatu pendekatan yang seharusnya menjadi paradigma MBS
B. suatu pendekatan dengan tujuan meningkatkan produktivitas baik kualitas maupun kuantitas
C. efektivitas kegiatan kepala sekolah
D. pendekatan metode evaluasi kegiatan sekolah


38. Keberhasilan dan kegagalan implementasi TQM adalah pada ....
A. manajemen commitment
B. manajemen credulity is worker
C. manajemen personality
D. employee inrolment


39. Komitmen dalam TQM yang dikemukakan oleh Dobbind meliputi tiga hal, kecuali ....
A. waktu
B. antusias
C. tersedianya sumber
D. adanya kontrol

40. Kegagalan implementasi TQM dari pengaruh eksternal organisasi adalah, kecuali ....
A. ketidakmampuan mengontrol kualita
B. kurang memfokuskan pada siswa
C. kurang memfokuskan pada masyarakat
D. tidak ada pengarahan dari kepala sekolah


41. Mutu dipandang sebagai dampak dari hal yang tidak dapat dilukiskan, mutu sebagai hasil sebuah pemikiran dan merupakan bahan bagi suatu reputasi baik bagi pemakainya. Hal
tersebut di atas merupakan ....
A. konsep tentang mutu
B. karakteristik mutu
C. tujuan tanang mutu
D. hasil dari mutu


42. Mutu dalam dunia pendidikan menekankan kepada ....
A. kualitas anak didik
B. jasa atau service berupa layanan
C. kualitas guru
D. kualitas kepala sekolah


43. Pemakai jasa pendidikan yang dikategorikan pemakai internal adalah ....
A. masyarakat
B. guru dan murid
C. dunia usaha
D. organisasi pemerintah


44. Performance atau grade of quality yang dikemukakan oleh Garvin merujuk kepada ....
A. karakteristik produk atau jasa
B. sesuatu yang menarik
C. produk yang tahan lama
D. sesuatu yang memiliki ketanggapan yang tinggi


45. Adanya kemampuan, lingkungan sosial ekonomi dan budaya serta intelegensia bakat dan minat yang mempengaruhi Manajemen Mutu Terpadu atau MMT merupakan aspek....
A. guru
B. siswa
C. kepala sekolah
D. staf administrasi


46. Konsumen merupakan penentu dari kualitas terakhir dan kualitas harus dikembangkan pada awal proses bukan dikemudian. Hal tersebut dikemukakan oleh ....
A. Amin Wijaya
B. Fakry Gaffar
C. M. Achsan
D. J. Salusu


47. Yang dimaksud dengan SWOT adalah ....
A. strength atau kekuatan, weakness atau kelemahan, opportunity atau peluang, threats atau ancaman
B. strong atau kuat, weakness atau kelemahan, opportunity atau peluang, threats atau bahaya
C. strength atau bahaya, weakness atau kekurangan, opportunity atau peluang, threats atau kesimpulan
D. strength atau perbedaan, weakness atau kekurangan, opportunity atau peluang, threats atau kendali


48. Keberhasilan strategi tergantung kepada kemampuan pimpinan untuk membangun komitmen, menghubungkan strategi dan visi yang tetap untuk meninjau kembali lingkungannya dan menguji posisi pimpinan diperlukan ....
A. SWOT
B. MMT
C. MBS
D. TQM


49. Analisis SWOT harus dapat menjawab pertanyaan sebagai berikut, kecuali ....
A. strategi apa yang akan dipilih oleh kita
B. apa kelemahan strategi yang diguna-kan
C. apakah kita akan bersaing dengan orang lain
D. apakah kita ingin berbeda dengan yang lain atau tidak


50. Kekuatan dalam perubahan peningkatan mutu menunjukkan fenomena yang berkelanjutan
sehingga diperlukan ....
A. tujuan yang jelas
B. peningkatan layanan kepada masyarakat
C. strategi pengembangan mutu
D. evaluasi pengembangan mutu


Kembali ke Halaman Utama

No comments:

Post a Comment